Ini Syarat Lamaran Nikah yang Wajib Diketahui Calon Pengantin

lamaran nikah

Lamaran nikah menjadi bukti bahwa kedua pasangan memiliki keseriusan dalam menjalin hubungan. Biasanya, acaran lamaran ini dilakukan sekitar 3 – 6 bulan sebelum hari pernikahan. Hal ini disesuaikan dengan tradisi dari calon pengantin.

Acara lamaran pernikahan seringkali menjadi momen reuni keluarga maupun teman dekat. Jadi, tak heran jika pada acaran ini diadakan seperti pesata dan mengundang banyak orang. Meski begitu, untuk melangsungkan acara ini, calon pengantin perlu mengetahui apa saja syarat-syarat yang perlu dipenuhi.

Syarat Lamaran Nikah

Acara lamaran nikah memang tidak serumit acara pernikahan seperti halnya pada perizinan resmi dari ketua RT atau KUA. Namun, ada beberapa hal penting yang harus dipenuhi sebagai syarat-syaratnya, diantaranya sebagai berikut:

  • Dokumen

Syarat pertama agar bisa melangsungkan acara lamaran pernikahan adalah harus melengkapi dokumen penting. Beberapa diantaranya seperi NIK calon mempelai, NIK calon wali, surat pengantar nikah, surat persetujuan mempelai, surat izin orang tua dan lainnya.

  • Seserahan

Lamaran pernikahan memiliki kaitan erat dengan seserahan dari pihak laki-laki kepada Wanita. Hal ini menjadi simbol yang menunjukan bahwa laki-laki sanggup untuk menghidupi wanita yang akan dinikahi. Barang-barang yang dibawa untuk seserahan pun mempunyai makna dan doa agar calon mempelai memiliki kehidupan mendatang yang sejahtera.

  • Cincin

Lamaran pernikahan menjadi symbol keseriusan hubungan, sedangkan cincin adalah bentuk dari keseriusan tersebut. Cincin tunangan biasanya dipakai di jari manis tangan kiri. Namun, aturan ini sifatnya tidak wajib dan bisa berubah sesuai tradisi dan budaya.

  • Keluarga

Acara lamaran nikah meman dilakukan untuk menunjukan keseriusan ke jenjang berikutnya. Maka dari itu, acara ini perlu dihadiri oleh keluarga dari kedua belah pihak. Selain itu, juga bisa menjadi momen untuk kedua keluarga saling mengenal dan menjadi keluarga besar.

Susunan Acara Lamaran Nikah

Momen lamaran pernikahan adalah yang paling ditunggu-tunggu oleh pasangan kekasih. Biar tidak kebingunan, kami akan membagikan susunan acara lamaran penikahan, diantaranya sebagai berikut:

  • Calon mempelai laki-laki datang kepada mempelai wanita

Acara lamaran biasanya dilakukan di kediaman calon mempelai Wanita. Calon mempelai laki-laki beserta keluarganya datang dan disambut dengan hangat oleh calon mempelai Wanita. Selain itu, keluarga dari pihak laki-laki biasanya juga didampingi rombongan  yang membawakan seserahan untuk sang mempelai Wanita.

  • Pembukaan

Setelah itu, acara akan dibawakan oleh MC dengan diawali ucapan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran semua pihak. MC juga akan membacakan susunan acara secara singkat serta mencerikatan secara singkat mengenai kedua calon mempelai.

  • Keluarga laki-laki menyampaikan tujuan

Pada acara inti, keluarga laki-laki akan menyampaikan tujuan kedatangan kepada calon mempelai Wanita tak lain untuk melamarnya. Lalu, dari pihak Wanita akan ditanyakan apakah bersedia untuk menerima lamaran nikah tersebut.

  • Keluarga Wanita menyampaikan jawaban

MC akan mempersilahkan keluarga Wanita untuk menjawab lamaran pernikahan. Jika diterima, maka rencana pernikahan ini akan disambut dengan baik oleh kedua calon mempelai.

  • Memberikan seserahan pada pihak Wanita

Jika pihak Wanita menerima lamaran dengan resmi maka pihak laki-laki akan memberikan seserahan sebagai bentuk simbolis dari keseriusan keluarga laki-laki untuk menikahinya.

  • Tukar cincin

Prosesi berikutnya dilakukan tukar cincin kepada kedua calon mempelai. Karena sebagai makna simbolis maka prosesi ini bisa dihilangkan atau dengan mengganti perhiasan lainnya.

  • Perkenalan antar keluarga

Jika prosesi lamaran pernikahan sudah selesai maka keluarga dari kedua belah pihak bisa saling perkenalan. Hal ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan keakraban antar keluarga.

  • Penutupan

Acara terkhir adalah penutupan. MC akan menutup acara dengan lantunan doa agar diberi kelancaran hingga acara pernikahan. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

Nah, itulah berbagai rangkaian prosesi lamaran pernikahan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin melangsungkan pernikahan ya.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Siapa sih yang tidak ingin menikah. Selain harus punya pasangan, menikah juga memerlukan biaya yang besar. Umumnya, biaya pernikahan ini sangat bervariasi sesuai dengan budget

nikah beda agama

Nikah Beda Agama dalam Perspektif Hukum

Bagaimana tanggapanmu dengan nikah beda agama? Setiap orang pasti menginginkan satu kali pernikahan yang dapat dipertanggung jawabkan sampai akhir hayat. Dapat hidup dengan orang terkasih