Persiapan Pernikahan yang Perlu Diketahui Sebelum Menikah

persiapan pernikahan

Tuhan telah menciptakan semua makhluk-Nya secara berpasang-pasangan, baik itu hewan, tumbuhan ataupun manusia yang ditugaskan untuk menjaga bumi serta isinya. Menikah merupakan momen yang sangat sakral dalam hidup seseorang. Oleh sebab itu, banyak persiapan pernikahan yang perlu dilakukan.

Mulai dari mental, moral, dan lain sebagainya. Anda juga harus membahas banyak sekali hal dengan pasangan menjelang pernikahan. Supaya anda dan pasangan tidak dilema saat hari pernikahan sudah dekat, yuk simak poin-poin persiapan pernikahan berikut ini.

Persiapan Pernikahan yang Perlu Diketahui

Upacara pengikatan janji yang dilakukan oleh satu pasangan untuk meresmikannya dalam ikatan perkawinan, dilakukan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Upacara sakral ini tentunya membutuhkan persiapan yang matang. Lantas, apa saja persiapan pernikahan yang perlu diketahui sebelum melangsukan akad?

  1. Persiapan Mental

Ternyata persiapan pernikahan yang utama bukanlah dari segi finansial, melainkan persiapan mental. Supaya rumah tangga tetap harmonis, Anda dan pasangan sebagai calon pengantin harus benar-benar mempersiapkan poin pertama ini dengan sungguh-sungguh.

  • Persiapan Finansial

Persiapan finansial juga tak kalah penting dengan persiapan mental. Menikah tentunya memerlukan biaya-biaya tertentu yang harus dipersiapkan jauh-jauh hari. Bahkan setelah acara pernikahan dilangsungkan, anda tetap harus mempersiapkan point kedua ini agar dapat stabil. Karena setelah menikah, anda dan pasangan tidak lagi bergantung kepada orang tua.

  • Restu dari Keluarga

Menikah tidak hanya sebatas dua orang yang disatukan dalam suatu ikatan. Akan tetapi, juga dua keluarga yang disatukan. Maka dari itu, restu dari kedua belah pihak sangat diperlukan. Jika restu dari keduanya telah didapatkan, keluarga baru Anda pasti akan diperhatikan.

  • Menentukan Jadwal Pernikahan

Menentukan jadwal pernikahan juga merupakan hal penting. Untuk mencari tanggal dan hari yang bagus, biasanya jadwal pernikahan ditentukan oleh kedua keluarga dan masyarakat setempat. Supaya tidak terkesan terburu-buru, hari pernikahan akan diberi jeda dari saat anda merencanakannya.

  • Mengikuti Bimbingan Pra Nikah

Bimbingan pra nikah berperan penting dalam kehidupan pasca pernikahan, sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 2019 yang berisi tentang kewajiban mengikuti bimbingan pra-nikah yang diadakan oleh KUA.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Mempersiapkan Pernikahan

Menikah merupakan sebuah keputusan seseorang untuk siap menjalani hidup dengan orang lain. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menjalani keputusan tersebut, diantaranya:

  1. Kesamaan Visi Misi

Untuk menjalani hubungan yang serius, tentunya sepasang kekasih harus memiliki tujuan yang sama. Anda harus membahas apa saja visi misi kedepannya setelah anda melangsungkan pernikahan.

  • Komitmen

Selain kesamaan visi dan misi, komitmen juga menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Komitmen memegang peranan yang sangat penting dalam ikatan pernikahan.

  • Rencana Masa Depan

Jika anda yakin untuk memutuskan hidup dengan pasangan, merencanakan masa depan adalah hal yang harus dibahas. Rencana masa depan akan mengetahui apa sebenarnya tujuan anda menikah.

Tujuan Menikah yang Sebenarnya

Setelah anda memahami hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum pernikahan, Anda juga harus mengetahui apa tujuan menikah yang sebenarnya. Banyak yang menafsirkan bahwa tujuan menikah adalah karena cinta dan untuk memperbaiki ekonomi. Kedua hal tersebut tidak sepenuhnya salah, akan tetapi tujuan yang sebenarnya adalah menjaga diri dari maksiat.

Agar menjadi manusia yang baik dan taat dengan agama, serta terhindar dari prasangka buruk, jika sudah memiliki pasangan dan sudah siap untuk menikah, alangkah baiknya Anda mempersiapkan pernikahan dan menyegerakan akad.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Siapa sih yang tidak ingin menikah. Selain harus punya pasangan, menikah juga memerlukan biaya yang besar. Umumnya, biaya pernikahan ini sangat bervariasi sesuai dengan budget

nikah beda agama

Nikah Beda Agama dalam Perspektif Hukum

Bagaimana tanggapanmu dengan nikah beda agama? Setiap orang pasti menginginkan satu kali pernikahan yang dapat dipertanggung jawabkan sampai akhir hayat. Dapat hidup dengan orang terkasih