Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Siapa sih yang tidak ingin menikah. Selain harus punya pasangan, menikah juga memerlukan biaya yang besar. Umumnya, biaya pernikahan ini sangat bervariasi sesuai dengan budget yang Anda miliki.

Banyak sekali kesiapan yang harus dilakukan saat ingin menggelar acara pernikahan. Mulai dari biaya nikah di KUA, seserahan, cincin, dekorasi, rias dan baju pengantin, catering dan masih banyak lagi. Tentunya semua ini membutuhkan anggaran biaya yang tepat agar tidak terjadi pembengkakan budget.

Biaya Pernikahan Untuk Apa Saja?

Momen pernikahan yang diantikan oleh banyak orang ini tentunya dihadiri oleh keluarga hingga orang-orang terdekat dari kedua calon mempelai. Pastinya undangan pernikahan pun jumlahnya juga tak sedikit. Jumlah undangan ini bisa mempengaruhi budget yang Anda keluarkan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk merencanakan biaya nikah secara lebih matang agar nantinya Anda bisa lebih bijak saat mengelola uang. Berikut ini beberapa macam biaya pernikahan yang dapat dipersiapkan:

  • Persyaratan KUA

Biaya pernikahan di KUA diatur pada PP Nomor 48 Tahun 2014, yaitu apabila penikahan dilaksanakan di KUA dan pada jam kerja maka tidak perlu mengeluarkan biaya. Namun, jika dilakukan di luar KUA akan dikenakan biaya sekitar Rp 600.000,00.

  • Mahar

Mahar adalah bentuk pemberian wajib dari calon suami kepada calon istri. Mahar dapat diberikan dalam bentuk barang maupun jasa, sepeti diantaranya emas, perak, uang, perlengkapan ibadah dan lainnya. Rincian biaya mahar tidak perlu terlalu banyak atau sekitar Rp 1.000.000,00.

  • Cincin

Cincin pernikahan memiliki model dan jenis yang bermacam-macam dan bisa disesuaikan berdasarkan kesepakatan calon pengantin. Biasanya berupa emas dan perak dengan berat sekitar 3 – 5 gram. Untuk harga cincin emas sepasang sekitar Rp 5.000.000,00 dan cincin perak sepasang sekitar Rp 2.000.000,00.

  • Seserahan

Seserahan diberikan oleh calon pengantin pria kepada calon pengantin Wanita. Pemberian seserahan ini bukan menjadi hal wajib. Namun, banyak yang berpenapat bahwa seserahan menjadi bentuk tanggung jawab dari calon suami kepada calon istrinya. Seserahan berisi kebutuhan calon istri seperti tas, sepatu, skincare dan make up, baju dan lainnya.

  • Dekorasi pernikahan

Acara pernikahan bisa dilaksanakan di rumah maupun menyewa gedung. Kedua pilihan tersebut bebas Anda pilih tergantung budget. Memilih pernikahan di rumah bisa memangkas biaya sewa Gedung. Sedangkan untuk dekorasi, estimasi biayanya bermacam-macam mulai dari Rp 3.000.000,00 – Rp 20.000.000,00.

  • Catering

Biaya catering disesuaikan dengan jumlah tamu undangan pernikahan. Semakin banyak tamu undangan maka estimasi biayanya juga akan semakin banyak. Namun, biasanya pihak catering akan memberikan diskon dengan jumlah pemesanan tertentu.

  • Rias dan busana pengantin

Busana untuk pengantin tersedia dalam dua pilihan yaitu menyewa atau membuat sendiri. Dengan menyewa busana justru semakin menghemat pengeluaran. Biaya sewa pun mulai dari Rp 500.000,00 – 1.500.000,00. Sedangkan untuk biaya make up mulai dari Rp 800.000,00 hingga jutaan rupiah.

  • Dokumentasi

Mengabadikan momen pernikahan melalui foto dan video merupakan suatu hal penting. Anda bisa memilih paket jasa dengan biaya mulai Rp 1.000.000,00 hingga Rp 5.000.000,00.

  • Undangan

Kemajuan teknologi membuat Anda tak perlu menyebarkan undangan berbentuk fisik. Dengan adanya undangan digital yang lebih simple tentu dengan biaya yang jauh lebih murah.

  • Entertainment

Acara pernikahan akan semakin meriah dengan adanya live music dan MC. Untuk biaya live music disesuaikan dengan durasinya. Sedangkan biaya MC mulai dari Rp 1.000.000,00.

  • Biaya tambahan

Setelah membuat perencanaan biaya pernikahan, Anda juga perlu menyiapkan biaya tambahan untuk keperluan lain yang tak terduga. Hal ini untuk mengantisipasi adanya pembengkakan biaya, tapi jumlahnya tidak terlalu banyak.

Nah, itulah berbagai rincian biaya pernikahan yang wajib Anda persiapkan sebelum menggelar pesta pernikahan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Share:

Facebook
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

On Key

Related Posts

Rincian Biaya Pernikahan Sederhana

Siapa sih yang tidak ingin menikah. Selain harus punya pasangan, menikah juga memerlukan biaya yang besar. Umumnya, biaya pernikahan ini sangat bervariasi sesuai dengan budget

nikah beda agama

Nikah Beda Agama dalam Perspektif Hukum

Bagaimana tanggapanmu dengan nikah beda agama? Setiap orang pasti menginginkan satu kali pernikahan yang dapat dipertanggung jawabkan sampai akhir hayat. Dapat hidup dengan orang terkasih